Tingkatkan Kualitas Dosen, LP3M Universitas Negeri Padang (UNP) Gelar Pelatihan Pekerti Angkatan V/2017

INDONESIASATU.CO.ID:

PADANG - Dukungan Universitas Negeri Padang untuk peningkatan keterampilan dasar teknik intruksional (Pekerti) kepada dosen terus digiatkan. Pada pelaksanaan pelatihan Pekerti Angkatan V, Senin (22/1), dikuotakan bagi dosen selingkungan UNP sebanyak 30 orang dengan proses pelatihan baik pendaftaran dan penyajian materi secara on line.

"Kompetensi dosen UNP terus dipacu, agar daya saing lulusan lebih baik. Dosen harus kita perhatikan kualitasnya. Diharapkan akan menghasilkan satu inovasi pembelajaran dimasa yang akan datang," ujar Dr Edwin Musdi, Ketua LP3M UNP pada pembukaan kegiatan itu di Ruang Sidang Rektor, lantai2 Rektorat Lama .

Sementara itu, Program PEKERTI telah menjadi program yang memperoleh banyak tanggapan positif dari berbagai kalangan, guna mengimplementasikan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, pada pasal 10 ayat (1) menyatakan bahwa “Kompetensi guru sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi.”

Lebih lanjut Dr Edwin Musdi mengatakan tuntutan kompetensi dosen pada masa yang akan datang semakin berat dan semakin  sulit.  Hal  ini  terjadi  karena  trend  bisnis  dan  industri  yang  dihasilkan  dari perubahan  pasar  global  dan  teknologi  mulai  merambah  ke  dunia  pendidikan

"Komunitas   akademik, khususnya   dosen   harus   dapat   mengantisipasi   relevansi program pendidikan yang ditawarkan  supaya dapat menghasilkan calon sarjana yang mempunyai kompetensi plus," jelas Edwin.

Konsekuensi dari kondisi tersebut, ditambahkanya, SDM dosen dituntut mempunyai   kemampuan   multidisiplin, atau mempunyai satu set kompetensi profesional  yang  disertai  dengan  kompetensi  lain  terutama  kompetensi  kepribadian yang   tangguh. 

"Soft   skill merupakan   keterampilan   yang dapat   membentuk kepribadian  tangguh untuk menguatkan kompetensi  professional yang  tergolong dalam hard  skill. Semakin  banyak soft  skill yang  dimiliki,diharapkan  semakin  kuat kepribadian  dosen  dalam  menghadapi  tantangan kerja  maupun tantangan  hidup yang lain," ungkanya. (Humas UNP)

  • Whatsapp

Index Berita